Photo Gallery

Lihat Semua
 

Tips Kesehatan

7 Cara Menghadapi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan

 

Vemale.com - Bunda pasti sering dibuat pusing menghadapi balita yang suka pilih-pilih makanan. Anak-anak memang suka sekali memilih makanan terutama makanan yang kurang sehat. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada 7 cara untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan seperti yang telah dirangkum dari situs babycenter.com.

Sajikan makanan semenarik mungkin
Bagi Bunda hal ini mungkin tidak masuk akal, tapi bagi anak-anak buah yang disusun warna warni pada tusuk sate terlihat lebih enak daripada buah yang hanya dikupas saja. Untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan, maka Bunda harus menyajikan makanan semenarik mungkin supaya ia mau mencoba makanan tersebut.

Biarkan si kecil mengambil sendiri makanannya
Bunda mungkin berpikir lebih baik menyiapkan makanan untuk si kecil agar ia mendapatkan porsi makan yang cukup. Tapi, tak ada salahnya untuk memberi kesempatan padanya untuk mengambil sendiri makanan yang ia mau. Biarkan ia memiliki rasa tanggung jawab atas dirinya sendiri, namun tentu Bunda tetap harus mengawasi apa yang ia makan.

Cobalah teknik rantai makanan
Teknik rantai makanan ini adalah mengenalkan satu jenis makanan yang mirip dengan apa yang disukai anak hingga kemudian ia mau mencoba makanan yang sehat. Seperti misalnya si kecil suka dengan kentang goreng, maka kenalkan ia dengan makanan yang rasanya mirip seperti kentang panggang. Lalu, kenalkan ia pada kentang tumbuk dan lama-lama ia akan meninggalkan kentang goreng.

Biarkan si kecil merasa lapar
Bunda, ketahuilah bahwa anak lebih mau mencoba berbagai jenis makanan saat ia merasa lapar. Maka dari itu, ada baiknya Anda tidak memberikan makanan ringan saat si kecil lapar menjelang waktu makan. Katakan padanya untuk melakukan kegiatan lain sembari menunggu Anda menyiapkan makan untuknya.

Jangan menyalahkan diri sendiri
Kebanyakan orang tua yang memiliki anak yang suka memilih-milih makanan akan menyalahkan dirinya sendiri karena hal tersebut. Bunda sebaiknya tidak merasa stres saat melihat si kecil pilih-pilih makanan. Cobalah untuk lebih rileks agar Anda dan anak juga dapat menikmati waktu makan.

Mulai hari dengan sarapan sehat
Sedari dini kenalkan pada buah hati Anda tentang pentingnya sarapan pagi. Lalu, jangan lupa untuk menyiapkan sarapan yang sehat karena anak yang sarapan dengan menu yang bergizi cenderung untuk memilih makanan yang sehat sepanjang hari.

Konsultasi dengan ahli
Apabila kebiasaan memilih-milih makanannya sudah mengganggu kesehatan dan perkembangannya, maka Bunda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anak. Mereka akan membantu Anda untuk mengetahui akar dari permasalahan yang membuat anak suka pilih-pilih makanan.

Oleh : Lies Nureni


Facebook Fans Page